Pages

Rabu, 16 Oktober 2013

Belajar Nilai Tempat

Apakah anak anda mengalami kesulitan dalam mempelajari nilai tempat ? satuan, puluhan, ratusan dan ribuan. Mungkin sudah saatnya memberi nuansa baru dalam mempelajari nilai tempat.
Berikut serangkaian kegiatan menyenangkan untuk membantu anak anda mempelajari tentang nilai tempat.



Yang anda butuhkan :

  1. Minimal 2 set kartu angka, dibuat dengan menulis angka 1-9 pada sisi kosong kartu, satu nomor per kartu.

Yang anda lakukan :
  1. Bagikan kartu angka kepada anak Anda.
  2. Dimulai dengan hanya dua-digit angka , umumkan angka dan mintalah anak Anda untuk membuat angka dengan kartu tersebut, kemudian mengatakan jumlah itu keras-keras. (Misalnya, jika Anda mengumumkan "lima puluh satu", ia akan mengambil kartu dengan nomor lima dan satu lagi dengan nomor satu.) Kemudian, anak Anda memberitahu anda nilai tempat yang ada pada setiap angkan tersebut (misalnya, jika nomor tersebut adalah 75, ada 7 di tempat puluhan dan nilai dari jumlah tersebut adalah 7 puluhan atau 70).  
  3. Mulailah dengan angka dua digit, lalu meningkat menjadi tiga digit angka, dan seterusnya, sampai Anda mendapatkan ke tempat jutaan. Untuk setiap putaran permainan, pastikan untuk meminta anak Anda untuk mengatakan nomor keras setelah ia membuat dengan kartu angka.
  4. Anda bisa melakukan variasi permainan, anda menyebutkan suatu angka, lalu meminta anak anda untuk menjumlahkan atau mengurangkan angka tersebut dengan angka lainnya yang anda sebutkan (misalnya : anda menyebutkan angka 2.576, lalu anda memintanya untuk menambahkan dengan 1.000, maka anak anda harus mengubah angka 2 menjadi 3 dan mendapatkan nomor baru 3.576)
  5. Anda juga dapat memberikan teka teki. Anda Memberikan petunjuk untuk membantu dia menebak nomor yang Anda miliki dalam pikiran. Sebagai contoh: "Saya adalah empat digit angka. Saya memiliki 2 di tempat ratusan saya, tidak ada nilai di tempat puluhan saya, dan 8 di tempat satuan saya. Jika jumlah keempat digit nomor saya adalah 17, apa nomor saya? (jawaban: 7208).
SELAMAT MENCOBA. semoga bermanfaat .

By 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

boleh dikomentar, no spam ya.