Pages

Rabu, 25 Desember 2013

Perjalanan ke Gunung Gede #1

Akhir Juni lalu, gua dan temen-temen guru berusaha menaklukan puncak gunung gede, *wew* ini pengalaman pertama gua naek gunung. Awalnya gua agak sedikit ragu untuk ikut naek, soalnya waktu itu kondisi badan gua lagi kurang sehat. Sedikit parno kalo gua harus ikut naek dan nantinya akan nyusahin yang laen. Tapi abang gua bilang ke gua "kalo elu pengen banget naek dan elu yakin bisa naek, naek aja. Lagi juga kapan lagi lu naek gunung". Akhirnya kata-kata abang gua itu menambah semangat gua untuk membulatkan tekad naek gunung. Bukan kata-kata yang awal, tapi yang akhir. Kapan lagi gua diajak naek gunung GRATIS. *hahaha*

Akhirnya dengan segala persiapan yang ada, gua telah siap untuk naek gunung. Waktu itu gua cuma bawa, sleeping bag, 1 stel baju ganti, jas ujan, senter yang kecil banget, air minum 1liter, roti 10ribuan yang ada di Indom*ret, dan dopping (gula merah, tolak angin, obat batuk) dan gak lupa gua masang koyo di puser gua.

Kebetulan kita naek gunungnya bergerombolan, ada sekitar 30orang dan dibagi kedalam beberapa kelompok. Kita naek lewat jalur cibodas, nah sebelom naek kita pada kumpul dulu di depan warung untuk bagi-bagi tenda dan brifing sebelum naek. Gua mulai tegang, gak tau kenapa. Mungkin gua masih parno karena ini pengalaman pertama gua naek gunung. Brifing selesai akhirnya kita jalan ke gunung, sebelumnya kita berenti dulu di depan gerbang yang ada tulisan "Taman Nasional Gunung Gede Pangrango" untuk melakukan ritual wajib sebelum naek gunung. *foto*.

setelah puas dengan ritual wajib. Akhirnya kita jalan dan berenti, gua kurang tau nama tempatnya apa, tapi denger-denger ini yang disebut Pos perizinan.
Baru sampe sini dan gua udah *engap, mungkin ini efek parno. Tapi ternyata gua semakin parno, karena gua ngebayangin harus naek ratusan kali lipat jarak yang tadi.
Disini gua juga kurang tau kita semua ngapain, tapi yang jelas di tempat ini sempet ditanya-tanya tentang perlengkapan mandi dan dipesen untuk nggak pake sabun, odol, dan sejenisnya di gunung nanti. Untuk menjaga lingkungan biar tetep asri dong. Gak lupa gua minum dopping pertama gua, *tolak angin*.



Beberapa menit kita disitu akhirnya (gua gak tau jam berapa, yang jelas udah dzuhur karena kita jalannya abis shalat dzuhur sekaligus jamak sama shalat ashar) kita cuusss jalan mendaki gunung. Gua seneng dan deg-degan. Sebelum deg-degan dan *engap gua bertambah gua memutuskan untuk mengkonsumsi dopping gua yang kedua *gula merah*.

Sepanjang jalan gua emutin tuh gula merah, ternyata ampuh banget. Gua berada di barisan pertama coyy.. Sedikit bangga dan seneng karena ini nggak seserem yang gua bayangin.

Pada saat naek gunung ini, gua cuma punya sedikit banget informasi. Yang gua tahu gua naek dari cibodas, terus nanti ada kandang batu, kandang badak, taman surya kencana sama tukang nasi uduk jualan di surken (surya kencana). Jadi bikin gua semakin penasaran sama gunung ini. Selama perjalanan naek tahap 1, kita kebagi 3 kelompok besar. Kelompok depan, tengah dan belakang. Dan gua masuk kelompok depan *gak nyangka*.
Pemberhentian pertama gua sebagai kelompok terdepan adalah telaga biru. Niatnya disini mau ambil minum, tapi akhirnya kita gak jadi. Soalnya ada yang ngingetin untuk ambil air didepan aja soalnya sedikit lagi ada sungai, air disini kurang bagus. Gua gak tahu pasti siapa yang ngingetin tapi kayanya si penduduk sekitar. Walaupun gua gak tahu ngapain dia disitu. Akhirnya kita lanjutkan perjalanan, di perjalanan kita sempet ngelewatin rawa-rawa dan pemandangannya itu bagus banget *sumpah*. Tapi gua gak sempet foto, dan itu nyesel banget. Gua cuma bisa liat foto temen-temen gua di kelompok terakhir.

gak lama dari situ akhirnya kita sampai di Panyangcangan. Yang kalo ke kanan kita ke air terjun cibereum dan ke kiri kita naek gunung. Gua lupa dan gak tahu kita sampai situ jam berapa. Yang jelas belum magrib. Disitu kita istirahat sejenak dan ambil minum. Gua ambil minum di aliran-aliran sungai kecil. Niatnya si pengen ambil air minumnya di air terjun, tapi katanya mah jauh. Padahal jarak tempat gua ambil minum sama air terjun itu deket. Lagi-lagi gua nyesel karena gua gak sempet ke aer terjun dan *foto*.

Beberapa menit kita istirahat, akhirnya kita melanjutkan perjalanan. Karena katanya si, kalo semakin lama kita istirahat justru malah membuat kita semakin capek. Jadi kalo mau istirahat lebih baik sering tapi sebentar. Diperjalanan naek tahap 2 ini gua berada di kelompok tengah. Hari udah mulai gelap, kayanya udah magrib. Tapi gua masih tetep semangat untuk ngedaki. Saat ini foto udah gak penting dulu, yang penting kita jalan dan keliatan. Secara kan digunung, lampu gak ada. Cuma modal senter doang, dan senter gua kecil banget. mana keliatan kalo mau foto.

Beberapa kali gua istirahat disini. Efek gula merah serasa berkurang, mungkin karena fisiknya juga yang sudah mulai lelah. Tapi masih penasaran sama puncaknya. Akhirnya semangat lagi. Semakin semangat waktu ngedenger kabar rombongan yang paling depan udah sampe di air panas. Waktu itu katanya, tempat ini aer terjun yang aernya panas, kalo kita mau nyebrang harus ngelewatin batu-batu. Sebelah kiri tebing dan sebelah kanan jurang. Pegangan cuma ada tali disebelah kanan dan kanan itu jurang. Hati-hati kalo ngelangkah, kepleset dikit bisa bahaya. Akhirnya kita sampe jugalah di air panas itu, tapi kelompok gua gak langsung nyebrang. Kita nunggu kelompok yang awal untuk kasih penerangan ke kita. Sambil nunggu kita ngisi perut dulu dong. hhehe.

saat nyebrang, gua ikutin nasehat temen-temen gua. Sedikit parno denger ceritanya, tapi waktu ngelewatin ngerasa aman aja si. *yaiyalah secara gelap gitu kan, jadi jurangnya gak keliatan dan suasana seremnya berkurang. Sebentar istirahat disitu, akhirnya kita langsung melanjutkan perjalanan ke pos kandang batu.
katanya si abis dari kandang batu terus kandang badak, surken dan puncak. Semakin semangat gua, tapi tetep aja capek gak bisa bohong coy.

gak lama akhirnya sampelah kita dikandang batu. Temen-temen gua yang cewek udah pada ngeluh pengen ngecamp aja di kandang batu. Dan yang lain pun ada yang setuju.
waktu itu si gua belum tahu apa-apa tentang kandang batu. Baru seminggu yang lalu gua searching di google tentang gunung gede, ternyata kandang batu tempatnya angker coy. Infonya si dulu di kandang batu pernah jadi tempat penyimpanan mayat gitu, kalo ada pendaki yang meninggal di simpen dulu di kandang batu sebelum akhirnya diambil. Dan kalo ada yang ngecamp disini suka menemukan hal-hal unik. *hahaha*

alhamdulilah, kita gak jadi ngecamp disitu, kata temen gua yang mimpin kita. Disitu jauh dari sumber aer, nanti kalo mau minum, buang aer ribet. Kalo gua nolak kita ngecamp disitu, emang si tempatnya luas tapi menurut gua kurang indah aja. Mungkin karena gua ngeliatnya malem kali ya. dan akhirnya kita gak ngecamp disitu, kita ngecamp di deket aer terjun.  tempatnya si gak luas, cuma cukup untuk beberapa tenda aja, tapi menurut gua disitu lebih baik dibandingkan di kandang batu (waktu itu gua belum tau cerita kandang batu).




Waktu itu si gua gak mikir macem-macem, cuma kalo baca cerita temen-temen yang udah pernah ke gede dan mampir di kandang batu suka nemuin hal-hal unik. Sekarang gua jadi ngebayangin, kalo gua tau cerita itu sebelum gua naek gunung. Dan kalo gua harus ngecamp di kandang batu, mungkin semakin banyak cerita yang gua punya. Selain itu, katanya lagi di telaga biru sama di air panas itu juga kadang banyak hal-hal unik (baca : penampakkan). 
di telaga biru kalo malem-malem lewat situ, katanya si jangan ngeliat keatas. Takutnya melihat hal yang tidak diinginkan. Ada juga orang yang dibuat linglung di air panas. Terus isunya lagi, kalo kita lewat kandang batu malem-malem dan ngeliat orang sendirian jangan ditegor, takutnya bukan orang beneran.

Padahal si waktu gua kesana alhamdulilah semuanya lancar dan gak menemukan hal-hal aneh. Mungkin karena gua belum tahu tentang cerita-cerita itu dan pikiran gua senang-senang aja. Gak mikir yang macem-macem, alhamdulilah sikap kita disana juga gak aneh-aneh. Gak ngerusak alam, gak buang sampah sembarangan, gak sombong. Jadi tuan rumahnya juga mungkin gak keberatan sama kedatangan kita.

*bersambung dulu.

3 komentar:

  1. gan, jangan memakai isyilah di taklukkan...

    gunung itu untuk di nikmati ;)
    kemarin ane sempat share sama temen juga, kalau pas naik gunung itu jangan pernah ngomong mau menaklukkan "gunung " itu...

    Just share gan :)

    Nice blog, blog walking ke blog ane gan...www.supriyana-jgj.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh iya gan, hhehe.
      makasih gan udah ngingetin.
      maksudnya si biar terkesan wahhh gitu, tapi ternyata itu kurang tepat ya. hhehe.

      maklum gan, pendatang baru.
      hhehe

      Hapus
    2. makasih juga gan, udah mau mampir, :)

      Hapus

boleh dikomentar, no spam ya.