Pages

Selasa, 15 Oktober 2013

Sekilas Tentang Timnas Senior China

(Andri Setiawan)



Beberapa jam lagi kita akan menyaksikan laga penentuan bagi timnas kita di kualifikasi AFC 2015, jika beberapa hari yang lalu Garuda Muda berhasil mengalahkan Juara Bertahan Korea Selatan dalam lanjutan kualifikasi AFC U-19. Hari ini kita akan menyaksikan kelanjutan dari perjuangan timnas senior kita.

Hari ini timnas senior akan berjuang melawan timnas China (Tim Naga). China merupakan timnas yang tidak dapat dianggap remeh. Dalam piala Asia senior China mempunyai sejarah yang baik. China pernah 2 kali masuk Final pada tahun 1984 dan berulang 20 tahun kemudian yaitu pada tahun 2004. Namun sayang China harus puas dengan posisi ke Dua.
China juga pernah 2 kali merasakan berada diposisi ke 3, yaitu pada tahun 1976 dan 1992. Serta posisi ke 4 pernah dirasakan China pada tahun 1988 dan 2000.

China selalu rutin lolos ke piala Asia sejak tahun 1976. dengan hasil terbaik menjadi juara kedua, dan hasil terburuk hanya masuk ke babak penyisihan grup. Sedangkan Indonesia baru merasakan 4 kali gelaran Piala Asia, pada tahun 1996, 2000, 2004 dan 2007. Dengan hasil terbaik menduduki peringkat ketiga dalam babak penyisihan grup.

Selain rutin di piala Asia, China juga pernah merasakan Atmosfer Piala Dunia pada tahun 2002. Saat piala dunia ini diselenggarakan di negara tetangganya Korea dan Jepang. Walaupun hanya masuk ke babak penyisihan grup, namun itu sudah membuktikan bahwa china merupakan tim kuat Asia.
Saat ini China menduduki peringkat 99 FIFA, dan Indonesia masih betah di peringkat 170 FIFA.

Malam nanti Indonesia akan menjamu China di Gelora Bung Karno. Tanpa dukungan penuh dari supporter di GBK, mampukah timnas Garuda membuktikan kekuatannya di kancah Asia. ataukah Naga masih terlalu kuat untuk Garuda. ?
Kita doakan yang terbaik untuk pahlawan-pahlawan olahraga kita nanti, mudah-mudahan mereka dapat membawa kemenangan untuk Indonesia. Dan memberikan harapan untuk Masyarakat Indonesia, agar Indonesia dapat Lolos di Piala Asia 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

boleh dikomentar, no spam ya.